Kode HTML yang Biasa Digunakan di WordPress

html imageKali ini saya akan membahas tentang Kode HTML,. Buat yang belum tahu, kode HTML(Hyper Text Markup Language) adalah bahasa kode yang digunakan dalam penerjemahan kode ke tampilan oleh web browser semacam IE dan Mozzila,. Kode ini berupa susunan huruf, kata dan atau angka tertentu yang akan diubah oleh web browser kedalam tampilan berupa teks, hyperlink, format tertentu, atau gambar, yang dapat dilihat oleh user,.

Kode HTML yang saya bahas disini hanyalah kode dalam post atau komentar di WordPress yang umum digunakan,. (kalau dibahas semua ya sampe 50 tahun baru kelar, http://www.smileycodes.infohahaha!, berlebihan). Dibawah ini beberapa html tag yang biasa digunakan,.

sebagai pengetahuan, html tag biasanya diapit tanda “<” dan “>”,. kemudian ada tag awalan yang biasa disebut opening tag dan tag akhiran yang biasa disebut closing tag,. misalnya <strong>tulisan</strong>

Langsung saja ya, check this out!

1. Kode Bahasa

yang dimaksud disini bukan bahasa Indonesia, bahasa Jawa, bahasa sansekerta dll, tapi bahasa browser,. Kode ini diketik di awal sebagai kode pembacaan browser agar browser tahu bahasa apa yang kita gunakan,. kalo di wordpress nggak usah diketik nggak masalah soalnya defaultnya udah html,. contohnya:

<html>
tulisan tulisan tulisan
</html>

2. <body>

Nah, ini adalah kode penting dimana kode ini menandai bahwa karakter di dalam kode tersebut adalah tulisan kita,. Namun seperti kode bahasa, di wordpress kita tidak perlu menambahkannya karena sudah default,. (secara, kalo kita nggak ngetik tulisan, terus ngetik apaan?, hehe!, contohnya:

<html>
<body>

tulisan tulisan tulisan

</body>
</html>

3. <hx>

Ini adalah kode untuk heading,. formatnya adalah <h1>heading pertama</h1>,. kemudian <h2>keading kedua</h2>, dan seterusnya,. Fungsinya adalah menandai bahwa tulisan di antara opening tag dan closing tag adalah heading,. contohnya:

Heading Keduaxxx

4. <p>

Ini merupakan tag html dari paragraf,. Buat yang nggak tahu paragraf(yah, terlalu lah,. hehehe!),. Kodenya seperti ini <p>tulisan Anda yang panjang dan isinya artikel</p> contohnya:

tulisan Anda yang panjang dan isinya artikel

ada juga <br /> yang fungsinya seperti tombol [enter] di keyboard,.

5. <li>

Untuk membuat suatu bullet,. misalnya saja Anda mengetik seperti ini:

<li>Filosofi</li>

<li>Hidden</li>

<li>Joke</li>

maka yang akan tampil seperti ini:

  • Filosofi
  • Hidden
  • Joke
  • paham kan?,

    6. <a>

    Nah, ini yang sangat berguna ketika kita ingin membuat link agar tampilannya tidak terlalu panjang,. Tapi ada tambahan disini dengan menggunakan atribut href=””,. Sebagai contoh saya memiliki link https://cold4hands.wordpress.com/2011/04/06/keuntungan-jomblo/ namun saya ingin menampilkannya dengan tulisan “Keuntungan Jomblo”,. Supaya jika mengklik tulisan Keuntungan Jomblo, maka kita akan menuju link yang dimaksud,. Maka kodenya seperti ini

    <a href=”https://cold4hands.wordpress.com/2011/04/06/keuntungan-jomblo/”>Keuntungan Jomblo</a>

    jadinya seperti ini:
    Keuntungan Jomblo

    agar link tersebut jika di klik akan terbuka ke tab atau window baru maka Anda dapat menambahkan target=”_blank”

    Jika mau, Anda juga dapat menambahkan title=”yang jomblo kesini” (arahkan mouse ke link pada contoh dibawah untuk mengetahui yang saya maksud)

    misalnya

    <a title=”yang jomblo kesini” href=”https://cold4hands.wordpress.com/2011/04/06/keuntungan-jomblo/&#8221; target=”_blank”>Keuntungan Jomblo</a>

    hasilnya
    Keuntungan Jomblo

    7. Format Tulisan

    Ini mungkin yang sering dipakai,. Langsung saja lihat contoh dibawah

    <strong>tulisan tebal</strong> (sama dengan <b>tulisan tebal</b>)
    tulisan tebal (sama dengan tulisan tebal)

    <em>tulisan miring</em> (sama dengan <i>tulisan miring</i>)
    tulisan miring (sama dengan tulisan miring)

    <big>agak besar</big>
    agak besar

    <strike>coret tengah</strike>
    coret tengah

    <sub>tulisan turun</sub>
    tulisan turun

    <sup>tulisan naik</sup>
    tulisan naik

    Kode html diatas dapat digunakan pada waktu posting artikel ataupun komentar,. Kalau posting, pastikan Anda masuk ke mode html dulu ketika mengetiknya,. Untuk komentar, hanya beberapa kode yang bisa dipakai( lihat kode yang bisa digunakan dibawah kolom komentar).

    Sebenarnya masih ada pemformatan tulisan seperti font, color, size, dan lainnya,. Namun yang saya bahas disini hanya sebatas yang biasa digunakan dan yang saya tahu (http://www.smileycodes.infoberarti yang laennya nggak tahu?, iya, masih nyubi, http://www.smileycodes.infoketahuan ya?,http://www.smileycodes.info hahaha!)

    Ya sudahlah, pokoknya semoga ini bermanfaat bagi para pembaca,. Bagi yang ingin menambahkan, silahkan, jangan sungkan-sungkan, hehehe!,

    Lihat artikel lainnya di Daftar Isi

    di rate ya?,

    About cold4hands

    Hanya seorang pria biasa yang mencoba mengekspresikan diri dengan karya-karya sederhana

    Posted on April 7, 2011, in Hidden and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 46 Komentar.

    1. Pertamaxx,, nice info gan,

    2. Artikel yang sangat aq butuhkan. Sering2 sob psting beginian. Soalnya, terus terang ttg komputer ini aq cuma bisa ngetik doang.

      Terima kasih kunjungannya di http://gunawank.wordpress.com/2009/03/18/assalaamualaikum-wrwb/ dan http://gunawank.wordpress.com/2011/01/27/sepeda-amfibi-atasi-kemacetan-dan-bajir/ serta http://gunawank.wordpress.com/2011/01/24/tips-meningkatkan-google-page-rank/

    3. Tak ada HTML diantara kita.

    4. hahaha,,,mantappp!!!
      langsung!! 100%…
      maksudnyua 100% ane gak ngerti,,,
      hohoho..:mrgreen:

    5. Mantap

    6. Ini tulisan berlatar belakang warna orange dan tulisan berwarna hitam

    7. HTML mantap bro

    8. tulisan coret tengah
      naik tulisane
      miring

    9. WAH, IKUTAN TES TES AH,

    10. tulisan tulisan tulisan

      test

    11. Wah bagus mas artikelnya. html sebagai dasar dari pembuatan web. sebab itu saya pengen belajar. makasih ya….

    12. Oh iya komentar balek ya mas, jalin pertemana. http://seputarti.com/

    13. Mantap gan postingannya.. (y)

    1. Ping-balik: Kode HTML yang Biasa Digunakan di WordPress | DUNIA KU

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: