Misteri Kartu Remi (Playing Card)

playing cardMisteri terselubung dari kartu remi yang biasa kita mainkan sehari-hari,. Tahukah Anda?

Kali ini artikel tentang pengetahuan yang saya dapat dari jiastisipolcandradimuka dan disitu disebutkan lagi kalo sumbernya dari zonamaya,. Karena saya tidak tahu harus menyebutkan yang mana ya saya sebutkan dua-duanya saja, hehe!,. Ok kembali ke lap,….. (hush!)

Kemarin-kemarin(udah lama berarti ya?) ketika saya berselancar di dunia maya, saya menemukan sebuah artikel yang menarik,. Tentang kartu remi,. Setelah saya pahami ternyata dalam playing card atau kartu remi yang mungkin pernah Anda mainkan(meskipun belum pernah memainkan tapi paling tidak pernah pegang,. Kalo belum pernah pegang, minimal pernah lihat,. Kalo belum pernah lihat,…… Kemana aja selama ini???, hehehe!)

Yap, karena menarik bagi saya mungkin juga menarik bagi Anda, oiya maaf sebelumnya kalo artikel yang saya buat ini agak berbeda dengan sumbernya, soalnya ada yang saya tambahkan dan mungkin ada yang dikurangi juga,. Yang diatas itu sebagai referensi bahwa saya mendapat pengetahuan dari link diatas, terima kasih sudah share artikel ini ya?, makasi makasi,. ^^

Pembaca: Trus kapan loe mau cerita???,

Ups, maaf-maaf, jangan dilempar bata bro,. Ini juga saya mau cerita, hehe!, Ok check this out,.

Playing Card, Kartu Remi, Chapxa, atau apapun Anda menyebutnya, adalah sebuah(satu set maksudnya) jenis kartu yang telah lama dikenal dari kalangan anak-anak hingga kakek-nenek,. Kartu ini biasa digunakan untuk permainan dengan pemain lebih dari satu dengan seni perhitungan, logika, keberuntungan dan lain sebagainya,. Banyak sekli jenis permainan yang dapat dilakukan dengan satu set kartu ini,. Bahkan pesulap juga main ginian,. (Ya iyalah pake kartu remi, masa kartu perdana?),. Yah, pokoknya gitu deh, satu set jumlahnya 52 kartu (tanpa joker) dengan 4 buah jenis lambang (saya menyebutnya kerajaan) dan dua jenis warna (hitam dan merah),. Setiap lambang memiliki 13 jenis kartu dengan urutan dan tingkatan tertentu diurut dari kartu As/Ace(1), kartu satu, kartu 2, kartu 3, dst sampai sepuluh, kemudian dilanjutkan dengan Jack (J), Queen (Q), dan King (K). Tiga kartu terakhir merupakan kartu bergambar khusus yang menandakan atribut kerajaan yaitu Pangeran(Panglima atau apalah,.), Ratu, dan Raja,. Banyak versi yang berbeda mengenai hal itu, ada yang menyebut Q adalah perdana menteri, ada yang J lah yang perdana menteri dan lainnya,.

Lalu, apa menariknya?,

Pertanyaan dari saya,. Apakah semua yang saya sebutkan diatas itu Anda sudah tahu?, Jika belum, maka itu adalah informasi untuk Anda, dan jika Anda sudah tahu, maka mungkin tulisan selanjutnya lah yang akan menarik bagi Anda,.

Misteri Kartu Remi (Playing Card)

Dari artikel yang saya dapat, asal mula kartu remi masih menjadi tanda tanya,. Disebutkan bahwa kemungkinan berasal dari Timur, Mesir atau Arab, dan muncul sekitar akhir tahun 1200-an dalam bentuk kartu Tarot/Taroochi di Italia yang kemudian menyebar ke Jerman, Perancis, dan Spanyol.

Hal menarik yang pertama dari kartu remi adalah mengenai jumlah, jenis, warna, dan bentuk gambarnya,. Entah Anda percaya atau tidak namun kalau kita hitung jumlahnya, satu set kartu berjumlah 52, dan jumlah minggu dalam setahun adalah 52 juga, kebetulan mungkin ya?, tapi kalau dibuat hubunfnnya, maka 52 berjumlah 2 digit yang bila dijumlahkan (5+2) maka hasilnya 7, (jumlah hari dalam seminggu,.)

Ah, kebetulan juga,.

Ok, selanjutnya, karena pada umumnya orang mengetahui kartu remi berasal dari barat, Inggris,. Maka dilihat dari segi itu, di Inggris ada 4 musim dan hubungannya dengan jenis kartunya juga ada 4,. Menurut sumber Jenis kartu Spade(hati hitam) mewakili musim dingin, Heart(hati merah) mewakili musim gugur, Diamond(bata/segiempat merah) mewakili musim semi, dan Club(keriting/semanggi hitam) mewakili musim gugur,.

Anggaplah itu masih dalam kategori “kebetulan”,. Namun dalam satu musim, memiliki 13 minggu, dan dalam satu jenis kartu, juga memiliki 13 tingkatan kartu juga kan?, Kebetulan lainnya adalah 4 jenis kartu dianalogikan sebagai 4 penjuru mata angin,.

Mengada-ada ah!,.

Bagaimana kalau ini,. dalam satu set kartu jika dijumlahkan semua angkanya, (as=1, J=11, Q=12, dan K=13), maka hasilnya adalah 364! jumlah hari dalam setahun,. Masih belum cukup?, Jenis lambang kartu remi berjumlah 4 yaitu melambangkan periode tahun kabisat yang 4 tahun sekali,. Dan jika ditambah 1 joker, maka jumlahnya 365, sama dengan jumlah hari ketika tahun kabisat (yang bulan Februarinya tanggalnya ada 29 itu looh,.) Menurut saya, mungkin ini menjelaskan kenapa ketika bermain kartu remi, joker adalah kartu spesial (bisa aja dipake, bisa nggak dipake) dan tidak memiliki nilai (misterius gitu deh, hehe!)

Hmmm, oke2, lumayan, tapi itu sih masih kategori dibuat-buat meskipun agak logis, dikit sih,.

Masih skeptik?,

Perhatikan ini,.

Dalam satu tahun ada 52 minggu kan?, dan angka 52 itu sama dengan jumlah kartu remi dalam satu set kan?,

Ternyata angka 52 tersebut juga merupakan jumlah huruf pada jenis kartu remi dalam satu macam simbol,. Dan uniknya, penamaan tersebut berlaku dalam empat bahasa,. Daripada bingung langsung saja contohnya:

Dalam bahasa Inggris:

ace, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten, jack, queen, king

coba hitung jumlah hurufnya, maka Anda akan menemukan angka 52!,

Hal tersebut juga berlaku pada bahasa Belanda, Jerman, dan Perancis,.

Dalam Bahasa Belanda:

as, twee, drie, vier, vijf, zes, seven, acht, negen, tien, boer, vrouw, heer

Dalam bahasa Jerman:

as, zwei, drei, fünf, sechs, sieben, acht, neun, zehn, bube, dame, könig

Dalam bahasa Perancis:

as, deux, trois, quatre, cing, six, sept, huit, neuf, dix, valet, reine, roi

silahkan dihitung, boleh percaya, boleh tidak,.

Dari sumber yang saya dapat diatas, katanya setiap lambang itu mewakili 4 pilar di zaman pertengahan yaitu:

Spade mewakili militer, Heart mewakili gereja, Diamond mewakili perdagangan, Club mewakili agrikultur,. Jadi semacam kasta gitu deh,. Dan kalau Anda tahu berbagai permainan kartu remi, Anda pasti tahu kalau diantara keempat lambang tersebut yang memiliki nilai paling tinggi adalah Spades, mungkin memang seperti itu urutan kastanya,.

Katanya, setiap gambar di kartu kerajaan itu juga mewakili tokoh-tokoh sejarah juga lo,.

Misalnya King pada lambang Spade mewakili King David yaitu Raja Israel, King Heart adalah Charlemagne yaitu pendiri The Holy Roman Empire, King Diamond adalah Julius Caesar the Great Dictator of Rome, sedangkan King Club adalah Alexander the Great yang merupakan Jenderal Macedonia,. Kalau nggak tahu, langsung saja ke Wikipedia, hehehehe!,

Oh iya, ada sedikit(sebenarnya banyak) keanehan atau kejanggalan yang mungkin kadang disepelekan atau tidak diperhatikan sama sekali,. Mungkin juga Anda tidak menyadarinya,.

Kalau Anda punya set kartu remi, silahkan ambil semua kartu King, Queen, dan Jack,. lalu tata keduabelas kartu tersebut untuk dibandingkan,. Kemudian perhatikan satu per satu, maka Anda akan menemukan:

King Spade adalah satu-satunya King yang melihat ke arah kanan,.

Rata-rata gambar tersebut menghadap ke kiri kecuali Kerajaan Spade yang menghadap kanan semua, dan Jack Club adalah satu-satunya kartu selain Spade yang menghadap ke kanan (menurut saya Jack Club ini pembelot)

Diantara semua kartu, hanya King Diamond, Jack Spade, dan Jack Heart yang kelihatan satu sisi mukanya saja (hanya terlihat satu matanya)

Semua King membawa senjata dan King Heart adalah satu-satunya King yang mengarahkan senjatanya ke kepalanya sendiri,.

Perhatikan semua Queen, semuanya membawa bunga, tapi Queen Spade adalah satu-satunya Queen yang membawa tongkat juga,.

Semua King berkumis kecuali King Heart

Jack Spade adalah satu-satunya Jack yang bersenjata tumpul

King Heart adalah satu-satunya kartu yang terlihat kedua tangannya (kalo dibolak-balik atas bawah ya jadinya 4 tangan)

Perhatikan mahkota yang dipakai semua kartu,. Mahkota King seragam, mahkota Queen seragam, dan mahkota Jack seragam,. Tapi ornamen mahkota semua King dan Queen ada lambang Club-nya (atau itu ornamen bunga?),.

Silahkan Anda cari kejanggalan-kejanggalan lainnya, dan mengenai itu masih belum diketahui alasan kenapa kejanggalan tersebut ada dan berlaku di semua set kartu remi (sejauh ini semua set kartu remi yang saya temui seperti itu)

Ternyata memang banyak misteri di dunia ini bahkan dari kartu remi yang kita mainkan sehari-hari tanpa kita menyadarinya,.

Apalagi kalau kita melihat diri sendiri, sangat banyak misteri dalam tubuh kita, lingkungan, bumi, alam semesta, dan lainnya,. Semua itu adalah alasan yang kuat agar kita semua bertaqwa,.

Salah khilaf, lebih kurang, mohon dimaafkan,.

cold4hands

Untuk artikel lainnya silahkan ke Daftar Isi

isi komentarnya ya,.

About cold4hands

Hanya seorang pria biasa yang mencoba mengekspresikan diri dengan karya-karya sederhana

Posted on April 21, 2011, in Hidden and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 36 Komentar.

  1. info yang menarik, salam kenal teman🙂

  2. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya,,,,link nya sudah saya pasang di sidebar….🙂

  3. Selamat pagi… 8)

    Ya ampun…
    Baru pertama kali melihat penjelasan kartu remi yang begitu lengkap…😯

  4. wuaah, sebuah kebetulan yg LUARRR BIASA..
    Emank bner, bnyak bgt misteri di dunia ini yg belum terpecahkan,
    Dan mungkin gak bisa di pecahkan,
    Padahal kata dian sastro, “pecahkan saja gelasnya, biar ramai”
    Lho kok ??
    Hahahah

  5. nfo yang menarik, salam kenal teman. Hahaha

    Nice info bener..

  6. Huahahahaha….. *buka baju* *tegak pinggang*

  7. bro
    i dont know card playings.good one tnx…

  8. Masih Ada Lagi Kejanggalan Dari Kartu Tersebut, King WAJIK hanya terlihat Dari 1 Sisi, dan juga Satu-Satunya King yang tidak memegang Pedang

  9. Oke lach kalau begitu….
    Ada arti juga ma ku

  10. saya nemu lagi mas, diantara semua king, hanya king wajik yang tidak memegang senjatanya

  11. thanks ya atas infonya ..😉

  12. Thanks infonya..
    Ah ya kalau jack diurutkan dengan urutan hati, wajik, keriting dan waru bisa terlihat seperti urutan ketika menoleh lho..

  13. boz., mau nanyak., kalo kartu remi tu dr belakang ada tanda” khusus gak ea.,.,. misalnya kaya 8 skop ada titik putih d tengah., hla yg lain apakah ada.,.,

  14. kalo dari wajah gue udah sadar kalo madepnya beda beda, tapi baru tau kalo rata rata madep ke kiri O.o
    enggg…. mau komen selanjutnya ga jadi deh😀

  15. B 766 HI marulisilalahi

    king quen jack sekop bermusuhan dengan king quen jack lain nya apbila keturunan mereka saling kawin akan xxxxxxxxxxxx

  16. artikel ini sangat menarik,kira2 ada gak ya,rahasia memenangkan permainan remi (13 kartu)

  17. oh,iya salam kenal smua nya…

  18. ada satu lagi..dari semua Jack cuman Jack kriting yg tak berkumis (kalo mrnurutku jack kriting perempuan)
    bnr gan bro?

  19. Info yang keren boss.. Tapi kartu remi sendiri sekarang macamnya sudah banyak dan desainnya keren-keren boss.. banyak contohnya bisa dilihat di http://www.bosskartu.com

  20. Nice artikel bro, mampir mampir ke blog ane ya gan

  21. Jos gandos…

  1. Ping-balik: Cara Main Kartu Remi Setan - Data pengeluaran togel SGP HK Sidney

  2. Ping-balik: Cara Main Kartu Remi Babi – bandar togel dan judi online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: