Seberapa Pentingkah Pengunjung bagi Blogger?

gambar tidak penting

gambarnya tidak relevan

Entah kenapa tiba-tiba saya ingin membahas ini,. Setelah beberapa waktu saya mengelola blog sederhana, penuh coretan dan hal yang tidak penting, kumuh juga, ini, saya berpikir tentang bagaimana reaksi seorang pengunjung dalam arti umum yang mungkin belum memiliki blog ataupun halaman pribadi lainnya di dunia maya,.Ini cold4hands kok akhir-akhir ini sering banget curhat ya?, baru aja posting Tutorial Rubik Beginner sama Misteri Kartu Remi, eehh dianya curhat lagi,.

Hush!,

kali ini bukan full curhat kok, ini semacam, ng, apa ya, ulasan, dan sekalian minta pendapat juga dari para pengunjung yang lihat, atau teman blogger sekalian,.

Oke, saya yang mengawali, sejak saya membuat blog, saya berpikir untuk mengekspresikan diri saya dan selalu berusaha agar kata-kata yang saya gunakan dapat dengan mudah dipahami oleh pengunjung secara umum baik dari teman blogger, maupun pengunjung yang sedang mencari informasi yang ia butuhkan,. Namun seiring dengan berkembangnya blog ini, saya semakin berpikir bahwa ternyata pengunjung kadang adalah orang yang sedang membutuhkan informasi dengan cepat dan sedang diburu waktu atau halangan lainnya,. Hal ini membuat saya yang sebelumnya membuat tampilan blog ini full dengan widget saya kurangi satu per satu agar lebih sederhana dan mudah di load,.

nb: saya melakukan aktivitas blogging dengan menggunakan laptop, alhamdulillah dapet dikasih pak lurah, lhoo?,. Jadi saya tidak tahu bagaimana tampilan blog saya apabila dibuka lewat hape, tablet, ataupun PC,. mohon maaf apabila kadang terjadi ketidaknyamanan apabila blog ini dibuka lewat media lainnya seperti telepati, kantor pos, atau WC umum, haahh??? tentunya saya membutuhkan review dari teman-teman semua,.

Saya pernah membaca dari suatu artikel entah dimana, bahwa pengunjung yang tidak terbiasa dengan blog, kadang enggan meninggalkan komentar dikarenakan beberapa hal,. Pertama karena artikelnya merasa tidak perlu dikomentari, kedua artikelnya jelek, dan yang ketiga adalah yang ingin saya garis bawahi yaitu sungkan, minder, dan merasa tidak enak,.

Entah kenapa hal itu memang benar saya rasakan ketika pertama kali membuat blog dan berinteraksi dengan blog lainnya,. Saya membaca artikel-artikelnya namun saya memang benar merasa agak aneh kalau mau berkomentar,. Saya takut nanti salah bicara, saya takut komentar saya dilihat banyak orang, saya takut nanti yang punya blog sakit hati, tersinggung dll, saya takut ini itu, banyak deh pokoknya,.

NAMUN!

setelah sekarang saya mulai terbiasa dengan blog, saya pun sebagai admin, jujur saja, setiap ada satu komentar saja, saya langsung merasa senang, terlepas dari apapun komentar si pengunjung, tapi senang sekali rasanya ketika ada seseorang yang mengomentari hasil karya saya,. Kata-kata ini saya tujukan untuk pengunjung yang mungkin merasa seperti kata yang saya garisbawahi diatas,. Janganlah Anda merasa seperti itu,. Karena setahu saya para blogger akan sangat mengapresiasi Anda dengan Anda berkunjung saja, apalagi Anda juga meninggalkan komentar,. Orang mana sih yang tidak suka kalau ada orang lain yang respect ke dia?, ya nggak?,

Oh iya, saya teringat dengan salah satu artikel menarik di blog sebelah yang berjudul Antara Blog, Admin, Pengunjung, dan Komentar di blognya setiaONEbudhi,.

disitu beliau (halah beliau?) menjelaskan bahwa beliau sangat menyukai komentar dari para pengunjung dan membalasnya satu persatu,. Hal itu juga merupakan bukti kan kalau kami para blogger, sangat menyukai pengunjung, apapun maksud kunjungan Anda dan apapun komentar Anda, ya kan teman-teman?,

Jadi jangan sungkan-sungkan lagi untuk menambahkan komentar apapun, oce?,

nb: asal jangan spam aja, hehehehe,,

lihat tulisan lainnya di Daftar Isi

salah khilaf, lebih kurang, mohon maaf,.

nb lagi: saya tahu kalau gambar diatas tidak relevan, jangan diberi tahu lagi,

cold4hands

About cold4hands

Hanya seorang pria biasa yang mencoba mengekspresikan diri dengan karya-karya sederhana

Posted on April 21, 2011, in My Story and tagged , , , . Bookmark the permalink. 44 Komentar.

  1. maaf, pom bensin ditutup, pertamax tidak tersedia, hehehehehe!, status: clear,.

  2. Halah… Gk sempet nyulik pertamax…

    Iya, gue setuju sama artikel ente.
    1 Komentar anda sangat berarti bagi kami. *kaya donor darah*

  3. bener bnget bro,kadang ane suka minder klo mau komentari atau ngepost sesuatu diblog ane….takut salah ngomong hehe…

    • tuh kan?, saya bisa membaca pikiran Anda, tatap mata saya, hehehe,. makanya saya bikin artikel kayak gini biar bro nopriflower bisa lebih mengekspresikan diri,. atau sis?, maaf kalau salah panggilannya, hehe,,

  4. Selamat sore…😮
    Hoho…
    Saya dulu juga demikian, namun, seiring ngeblog, saya jadi mulai bisa beradaptasi dengan komentar di blog…😀

  5. Tidak memberi komentar bukan berarti artikel yang kita buat buruk reputasinya, namun di dunia blogger ada istilah “silent reader”.

    kalau saya nulis artikel hnya untuk org2 yg mbutuhkan informasi saja, walaupun pas saya nulis artikel baru tak ada yng bekomentar saya tak terlalu memikirkannya. rata-rata org bnyak brkomntar d artikel saya yg lama,,, kdg dlam shari ada stidaknya 20 komentar yg pending,,itu smua tanpa blogwalking,,,,
    Saya juga mempunyai prinsip biarlah pengunjung yang mencari kita, bukan kita yg mencari pengunjung,,,🙂

    • waduh, saya baru tahu ada istilah silent reader,. hmm, memang benar bro, I like your style, biarlah pengunjung yang mencari kita
      memang pengunjung mau komentar atau tidak itu tergantung dengan isi artikel kita,. namun, yang saya maksud adalah pengunjung yang sebenarnya ingin berkomentar, tapi dia-nya sungkan, malu, minder dll,. nah, itu yang saya tuju di artikel ini,. karena dulunya saya begitu,. istilahnya, agar kekeliruan penafsiran yang saya alami dulu tidak terjadi pada pengunjung blog selanjutnya, begitu, mas bro,.

  6. halaaaahhh, gue disebut beliau,
    Udah berasa kayak om om buncit aja nih gue,
    Hahahahaha..

    Hmmm, seperti gue bilang di artikel yg tadi ente sebutin diatas, buat gue viewer a.k.a pengunjung itu adalah sebuah motivator paling utama selama gue ngeblog,
    Dan kalau ada viewer yg meninggalkan comment, dengan senang hati gue akan selalu me-reply (selama keadannya memungkinkan).
    Bahkan menurut gue, admin sama viewer tuh mestinya gak ada perbedaan, kita sama sama belajar,
    Gak jarang kok ada koment2 dari viewer yg justru blm di ketahui adminnya..
    Jdi jangan sungkan2 buat berkomeng, hahahah,

    Kita cukupkan sampai disini, wabillahitaufik walhidayah, wassalamu alaikum warrohmatuliohi wabarokaatuh..

    • wah, maaf bro ONE, saya kelupaan nggak pake baju buat kondangan,. hahahahaha!,.
      yo’i bener banget, pengunjung adalah motivator tertinggi selain niat dari diri sendiri,.
      saya bikin blog ini awalnya iseng doang,. tapi lama-kelamaan, berdasarkan komentar pengunjung dan interaksi, ilmu dan pengalaman tentu saja bertambah,.
      jadi kalau dirumuskan,.
      banyak pengunjung=>banyak komentar=>banyak ilmu,.
      gitu,. serius amat nih ane nulis, hehehe,,

  7. Good artikel bro, Klo aq sh trgantung, klo isi artikel enak d bca n mnarik pzti aq koment n tntux koment yg positif n mmbangun. Dan 1 lgi bro, slma 6 bln Q ngeblog rata2 dari pngunjung yg koment smuax adalah seorang bloger. Karena seorang bloger psti mngrti tntang arti sbuah komentar bt adminx, so para bloger tsb pzti tinggalin komen. Sdngkn bgi para visitor biasa MUNGKIN hnya koment jika ia merasa sngt btuh informasi dn akn mnanyakan info yg kurang jelas lwt koment. Sukses dgn blogx y bro

  8. Good artikel bro, Klo aq sh trgantung, klo isi artikel enak d bca n mnarik pzti aq koment n tntux koment yg positif n mmbangun. Dan 1 lgi bro, slma 6 bln Q ngeblog rata2 dari pngunjung yg koment smuax adalah seorang bloger. Karena seorang bloger psti mngrti tntang arti sbuah komentar bt adminx, so para bloger tsb pzti tinggalin komen. Sdngkn bgi para visitor biasa MUNGKIN hnya koment jika ia merasa sngt btuh informasi dn akn mnanyakan info yg kurang jelas lwt koment. Sukses dgn blogx y broo

    • hmm, sepertinya ada benarnya, selama 3 tahun ini (3 tahun apanya???, nge-blog aja baru 1,5 bulan?) yang komen kebanyakan memang para blogger,.
      Dulu waktu saya belum punya blog, saya beranggapan, “nanti kalau aku komen belum tentu dibales,. dibales pun buat apa toh aku belum tentu kesini lagi,. atau, nggak enak ah, ntar aku mengganggu admin blognya,. sungkan ah, komentarku nanti dilihat orang banyak,.” gitu,. dan sekarang saya tahu kalau ternyata para pengunjung dan komentarnya sangat berarti bagi sebuah blog,. memang mungkin kita tidak pernah tahu sebelum kita merasakannya sendiri,. (<< waduh, kumat nih, hehehe,.)

  9. anyong,,lam kenal

    nice artikel bang,,
    emang bner bang kalo komeng2 dari viewers pntg bget,,itu sbgai salah satu jejak kalo mereka singgah d blog anah berantah kita,,hahaha

    jd ibratnya komentar itu bgeikan suplemen bg yg punya blognya,,biar adminnya sehat,semangat,n berenergi,,,hohoho
    #sotoy kumat

  10. komentar bagi saya no 2. no 1 ialah statistik…..
    kalo kmentar rame blm tentu statistik rame. tp klao satistiknya yg rame otomatis kmentr pasti rame… ga paercaya? lihat aj blog2 peringkat 1-10 di botd.

    tp ttp intinya mnbuat blog itu untuk kepuasan kita sbagai blogger.

    • hmmm,… iya juga ya,.
      statistik juga menentukan,.

      jadi antara tulisan berkualitas dan menjadi admin yang ramah harus sama-sama diterapkan ya,.

      kata-kata yang terakhir setuju banget!, KEPUASAN!,

  11. gw s7 bnget ma ni artikel…
    Bro Mmpir y ada yg Bru
    >2 aplikasi yg wjib dimilik
    muslimim n muslimah
    >2 aplikasi java pngubah suara
    >2 game keren bru
    >cara nmbh widget via opmin http://vanz1212.wordpress.com

  12. Bro
    Blogs are powerfull electronic media.bloger’s r power of inspiration.u r right my bro.

    _______________ |*\_/*|________ | ___________ | ||_/-\_|______ | | | | | | | | | | | 0 0 | | | | 0 0 | | | | – | | | | – | | | | \___/ | | | | \___/ | | | |___ ___| | ||___________| | |_____|\_/|_____| |_______________| _|__|/\|_|_………….._|________|_ / ********** \ /********** \/ ************ \ / ************ \——————– ——————–

    • yup,. I’m so happy that I become a member of the blogger,. here we can share any kind of information,. and we should notice that we are learning together in blog,. thank you brother,,

  13. kesimpulan sejauh ini: gambar di atas itu aman,.

  14. Wah..! Mantap Gan…
    Maju Terus Pantang Minder

  15. ane malah kebalikan dr mas angga, komentar No.1, soalnya ane paling seneng klo ada yg komen, soal statistik, jarang bnget ngeceknya.. Cara ngeceknYa aja bru tau kemaren pas nanya sma bro angga, he..

    Eit deh, gambarnya ga nymbung bnget..
    Jaka sembung maen gitar
    Ga nyambung pintar…

    Ha..ha..ha..

    • komentar nomor satu ya,. memang menyenangkan kalau kita tahu ada yang respect sama artikel kita, apalagi ada jejaknya, hehehe,.
      buatku keduanya penting sih,.
      gambar?,
      selamat, Anda mendapatkan pertamaxx, (yang protes pertama, hahahahaha!)
      jamannya jaka sembung, gitar belum masuk dimari gan, hehehehe,,

  16. Wuaaaaaah,,
    #cuma terpesona ajah,
    #jgn protess

  17. Ya terpesona ajah,
    Abis itu si lee taeminhotoph di blg bro sama ente,
    Dia kan sistah..
    Hahahahah

  18. kalo saya pengunjung itu penting, hehe
    Nah ini dia kadang saya sungkan untuk berkomentar takut salah tulis, hehe…
    Sukses terus buat blog nya…, hehe🙂

    • Pengunjung dan komentar buat saya keduanya penting buat saya, hehe,,
      Tuh kan, sungkan juga,. Berarti tebakan saya bener dong?, hehe,,
      Setahu saya, asalkan nggak OOT, komentar kita akan tetap dihargai kok sama teman-teman blogger,.
      Tapi saya sendiri sering banget sih komentar OOT, hehehe,

  19. Kalo aku sendiri pinginya setiap berkunjung meninggalkan komen walopun suka apa gaknya yg diposting.soalnya beri semangat yg nulis artikel.artinya menghargai..jgn habis manis comen dibuang.

  20. Firus by Hacker©

    ᓧkebanyakan yang mau saya bicarakan sudah ada semua dari comentar teman2, .. ..

    ᓱtapi mau saya tegaskan lagi 1 hal, .. ..
    ᓧyaitu, .. .. ᓵmenangislah sebelum engkau di tangisi orang, .. ..

    ᓫhahahahahaha, .. ..
    ᓵgak nyambung bangetssssss, .. ..
    ᓫhahahaahahahaha

  21. iya lo… pertama kali dapat komentar di blog… rasanya tambah semangat buat ngeblog..
    kayak disiram aer dingin.. yah , ngerasa berguna jg postingnya,,

    • disiram air dingin?, pake gula apa nggak bro?, hehehe,,
      iya, bener banget,. pengunjung dan teman blogger-lah yang membuat kita tetap semangat buat nge-blog,.
      dan setiap statistik yang naik mengurungkan niat saya untuk membakar laptop, hahahaha:mrgreen:

  22. waaa.., bnr tuh.., tkut mlukai perasaan.
    hhaha

  23. Wah sudah lama tulisan ini disiarkan. emm baru dengar dan baru lihat tulisa ini. kebetulan saya lagi cari-cari informasi tentang kartu remi(sudah dibaca) ehhh malah lanjut ke artikel yang lain. menarik juga yah jadi blogger hihihi… jadi pengen. bisakan bolehkan ia kan…kan…kan… ipin… hehehehehe sekarang sudah 2016 selamat tahun baru… bagi yang suka menyia-yiakan usia mudanya

Tinggalkan Balasan

