Desain Ponsel Seperti Apa yang Anda Pilih?

desainMelihat perkembangan teknologi yang semakin meluas dan semakin bervariasi tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan,. Namun kali ini saya tidak membahas tentang itu,.

Saya akan berbicara tentang desain ponsel,. Tapi yang dimaksud bukan desain yang bagus, jelek, ramping, elegan, kotak, atau bagaimana,. Ini mengenai jenis teknologi desainnya,.

Langsung saja, check this out!

1. Candybar

Desain ponsel jenis ini merupakan jenis desain yang paling tua menurut saya,. Namun meskipun jadul, desain ini memiliki kelebihan tersendiri,. Dengan beberapa tombol navigasi dan tombol angka dari 0 sampai 9 dilengkapi tanda (*) dan (#) membuat ponsel ini cukup simpel dan secara umum mudah digunakan,. Desain ini berbentuk batang dengan deretan tombol berada di bawah layar,.

candybar

candybar

2. Flip

Ponsel dengan desain ini merupakan pengembangan dari desain candybar,. Memiliki kelangkapan tombol yang sama namun berbeda pada penempatan layarnya,. Umumnya layar dan deretan tombol berada pada batang terpisah dan dihubungkan dengan sistem buka tutup seperti buku,.

flip

flip

3. Slide

Desain ini hampir sama konsepnya dengan desain flip,. Layar dan deretan tombol berada pada batang terpisah,. Namun biasanya terdapat tombol navigasi tambahan yang berada di batangan layar,. kedua batang tersebut dihubungkan dengan sistem geser ke atas atau ke samping dan pada umumnya batangan layar berada di sisi depan,.

slide

slide

rotate

rotate

4. Rotate

Saya tidak tahu nama desain ini sebenarnya apa, tapi desain ini konsepnya sama seperti slide dengan sistem putar dengan poros di sisi atas layar,. Deretan tombol angka baru akan terlihat ketika batangan layar diputar ke atas atau ke samping,.

5. Qwerty

Banyak sekali jenis-jenis desain qwerty,. Desain ini menjadi terkenal setelah munculnya blackberry yang menurut saya adalah pemicu brand ponsel lainnya untuk memunculkan ponsel dengan tombol penuh,. Desain ini memiliki lebih banyak tombol,. Umumnya setiap tombol mewakili satu abjad dari a sampai z,.

qwerty

qwerty

6. Touchscreen

Ponsel dengan desain touchscreen memungkinkan untuk memperkecil jumlah tombol fisik yang ada di ponsel tersebut,. Desain yang pelit tombol ini memiliki kontrol pada layarnya sehingga dengan sentuhan pada layar ponsel akan bekerja sesuai dengan perintah yang diberikan,. Desain ini terkesan lebih futuristik,.

touchscreen

touchscreen

Banyak kombinasi desain-desain diatas yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu,. Seperti kombinasi slide qwerty touchscreen yang ada pada xperia x10 mini pro, atau candybar touch seperti w960i, dan lain sebagainya,.

xperia x10 mini proxperia x10 mini pro
W960i

W960i

Setiap desain memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing,. Mengenai keawetannya, seperti yang biasa dikatakan oleh penjual ponsel, “semua itu tergantung penggunaannya pak,.”

Saya pribadi lebih suka desain candybar yang simpel dan mudah dibawa,.

Lalu manakah desain favorit Anda?,

lihat artikel lainnya di Daftar Isi

cold4hands

About cold4hands

Hanya seorang pria biasa yang mencoba mengekspresikan diri dengan karya-karya sederhana

Posted on April 22, 2011, in Hidden and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 48 Komentar.

  1. Kalo urusan design, gue suka yg slide,
    Kesannya lbh waah,
    Apalagi yg kayak e7
    Mantappp

  2. yg kaya e90 aja mantap

  3. Iyaa, tapi kan tetep aja di sliding (tackle) ke samping,
    Hahahahah, #maksa

  4. Iyaaa,
    Tapi yg pnting kan konsep nya msh pake sliding (tackle)
    Hahahahah

  5. Selamat malam…😳

    Aku suka yang model touchscreen…:mrgreen:
    Btw, modelnya kok SE semua?😉

    • selamat pagi, hehe,. touchscreen ya?, bro Rangga kayaknya emang nggak bisa pisah dari teknologi ya, hehe,
      waw, jeli juga, hehe,. yah, aku suka sama SE meskipun sekarang hapeku LG,. ngefans sama kinerja n sound-nya itu,. meskipun model monoton tapi udah pas di hati (halah!, curhat lagi,,)

  6. Malem om. Salam kenal.

    Saya sekarang pakai QWERTY, tapi pengennya Touch macam s60v5/Android/iPhone. Sayang harganya (touch) gak mau diajak temenan.

    Sekian terima kasih.

    • salam kenal?, om?,
      waduh?,
      bro Ikky emang sedang gawat darurat kayaknya ini,.
      disini cold4hands, ada yang bisa saya ban-ting?,
      ada yang oke bro, gimana kalo Yendo-nya SE?, keren, touch, walkman, harga bisa dibilang miring,.
      (ane bukan sales)

  7. klo ane yg slide kesamping(e75),seperti yg ane pake skrg…hehe…

  8. klo saya suka dgn yg touchsreen+slim…😀

  9. kalo ane sukax hp candy bar ama touchscreen

  10. Sementara seneng yg qwerty dlu brai..

  11. kalau ada uang aku mau beli QWERTY aja, yang symbian

  12. Suka semua Desain, tapi jari saya yang jempol semua ini kurang bersahabat sama desain Touch Screen , jadi mesti touch and Type…, hehe ^_^

  13. mas,, gimana caranya tukeran link?
    nanti link mas saya pasang di blog saya?
    dan mas pun sebaliknya?
    http://hensos4ever.wordpress.com
    itu alamatku?

  14. aduuuhhh,,,,bukan itu mas,,,itu lho yang kayak di sidebar mas tu loh,,, yang “cold4hands Friends”
    apa pakai widget?
    kalau iya gimana caranya?

    sumpah mas,, saya gak tau caranya tukar link?
    gimana caranya supaya blog mas itu nempel di blog aku?
    kayak yang mas buat di sidebar itu lho?
    pleaseee?? answer ya?

    • iya, itu pakai widget,. tinggal seret saja widgetnya di sidebar,. trus bikin kategori tautan, semisal blogroll,.
      Nah, contohnya, saya punya 2 kategori tautan, blogroll dan cold4hands friends,. di widget, saya seting agar cold4hands friends yang tampil, gitu,.
      lalu tinggal tambahkan saja tautan teman yang tukar link di tambahkan tautan baru,. masukkan nama,. masukkan alamat link,. trus centang kategori tautan tersebut,. selesai deh,.
      kalau mau tambahkan opsi lainnya semisal target=blank, relation, dll,.
      simpan dengan meng-klik [tambahkan tautan],.
      maaf kalau penjelasan saya kurang mengena,.

  15. “Nah, contohnya, saya punya 2 kategori tautan, blogroll dan cold4hands friends,. di widget, saya seting agar cold4hands friends yang tampil, gitu,.” > maksudnya apa ini mas?

    maf saya masi terlalu bego mas,,,hehehehe
    untuk mengatur agar cold4hands friends aja yang tampil gimana caranya?

    semoga tuhan membalas kebaikan anda!

  16. saya pakai widget yang namanya “blogroll”,. nah, pas widget itu diseret di sidebar, kan keluar itu settingannya,. itu yang saya maksud,.
    nggak papa kok, saya malah senang bisa membantu dengan ilmu saya yang masih sangat-sangat terbatas ini,. saya juga baru di wordpress,. jadi sama-sama belajar saja bro,.
    blog hensos4ever malah bagus2 artikelnya, ada tips trik yang keren dan download gratis juga,. tau banget Indonesia kayak gimana, hweehhehehe,,

  17. mas,,,berhasilllll!!!
    horrey!!! horrey!!! horey!!
    aku dah bisa berkat bantuan mas!!!
    thankyou mas atas pujiannya!!

  18. kalau mau buat “about cold4hands” disetiap postingan itu gimana mas?

    • kalau itu masuk saja ke dasbor,. -Pengguna- -my profile-
      disitu ada about you,. isi deh kotaknya itu dengan kata-kata terserah bro Hendra,. Kalau saya ya yang tampil itu “Hanya seorang pria biasa…”
      gitu,.

  19. Cspaxer is テク

    klo aku, lebih ke QWERTYuiop ( kelebihan ya ? ) .

    Dan Touch ..

    Secaraa ..
    Mantan pengguna  Blackberry 9500 Storm .

    Tapii, sekarang pake E63 ..

    Ήέέ •• Ήέέ •• Ήέέ ••

    • kenapa nggak asdfghjkl aja bro?, hwahaha!,
      Qwerty and touch, anak sekarang hapenya udah keren-keren ya?,
      saya aja pegang BB nggak pernah, hehehe,,
      jadi keinget lagi pas beli hape pertama dulu,. T_T

  20. Aku pilih candybar soalnya lebuh mudah,kali hp flip suka gak panjang umur nya
    Secara kan aku sadah ada 5 hp flip dan semuanya terbelah dua alias patah.hehehehehehe

  1. Ping-balik: Kisah Perjalanan Ponsel by Coldhand’s « cold4hands

Tinggalkan Balasan

