Ambigram – Seni Kaligrafi Dua Arah

Selamat malam semuanya,. Kali ini saya ingin membahas tentang ambigram,. Apa itu Ambigram? Ambigram adalah sebuah seni kaligrafi dua arah,. (itu kan judulnya???)

Ok, ceritanya begini,. Suatu hari di sore yang tenang dan damai,.

A: “Halo, selamat pagi, benar ini kediaman cold4hands?”
B: “Benar mbak, tapi ini sudah sore,.”
A: “Kenapa memangnya kalau sudah sore?”
B: “Berarti kalau mau pagi, tunggu besok saja mbak, ok?”
A: “Ok, besok saja,. Mari,..”
B: “Mari,..”

Begitulah ceritanya bagaimana akhirnya saya ingin membahas ambigram,. (what???)

Ok, ambigram adalah sebuah seni penataan bentuk, posisi, ukuran dan visualisasi huruf yang dirangkai menjadi kata sehingga dapat dibaca dari dua arah atau lebih,. (biasanya dari atas dan bawah atau 180 derajat). Bisa dibaca sama atau berbeda tergantung bagaimana pembuatnya,. Untuk lebih mudahnya langsung pada contoh,.

ugly baby

sumber: google

Sudah jelas kan?, (ratusan sandal kayu sebelah kiri meluncur ke kepala saya,….)

Ok, ini contoh yang sebenarnya,.

sumber: google

Diatas itu ambigram yang terkenal dalam novel Angels & Demon, movienya juga ada loh,. Ambigram itu meskipun dibalik, tetap terbaca Angels&Demon,. Kalau tidak percaya, download saja, trus balik layarnya (gaptek amat???) dan lihat hasilnya, unik kan?, Di novel tersebut juga terdapat beberapa ambigram lainnya seperti fire, earth, air, illuminati,.

sumber: google

Banyak sekali ambigram yang lainnya seperti dibawah ini,.

Gimana?, unik2 kan?, selain tulisannya bagus, juga bisa dibaca dari atas dan bawah,.

Memang beberapa ambigram agak sulit dibaca, namun kunci sebenarnya dalam pembuatan ambigram adalah manusia membaca kata dalam suatu kesatuan, bukan huruf demi huruf, jadi jangan protes kalau ada ambigram yang sulit dibaca ya?, hehehe!,

Saya sendiri sudah mencoba membuat beberapa ambigram, jelek-jelek sih, maklumlah pemula (membela diri),. salah satunya adalah header blog ini yang ada diatas itu, terbaca coldhands begitu juga kalau dibalik,. Ada juga yang lain dibawah ini,.

bikin sendiri

Bagaimana?, tertarik untuk membuat ambigram?, Atau ingin tahu bagaimana nama Anda jika dibuat dengan style ambigram ini?, silahkan ketik reg spasi nyasar, kirim ke blog sebelah, maka Anda akan mendapat puluhan gelengan kepala, ckckck,.

Kalau memang penasaran sih, coba saja ambigram generator, saya tidak bisa menyediakan link’nya, soalnya tidak saya rekomendasikan, hehehe,. kalau mau tau silahkan ketik saja ambigram generator di pencarian google, pilih sendiri,.

Tapi saya sarankan untuk membuat sendiri, ambigram generator kan mesin, jadi bagaimanapun hasilnya sulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal,. Mendingan bikin sendiri,.

Huaaahh,. laaamaaa raasanya saya lari dari ke’maya’an,. jadi agak canggung nih nulis padahal cuma segini,. okelah sampai jumpa lain waktu di postingan selanjutnya, selamat beraktifitas,.

Postingan terbaru dari cold4hands:

Artikel lainnya di Daftar Isi

about this blog

About Me And This Blog

cold4hands

About cold4hands

Hanya seorang pria biasa yang mencoba mengekspresikan diri dengan karya-karya sederhana

Posted on Oktober 30, 2011, in Hidden and tagged , , , . Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. Ahahahasek… Update juga..

    Baru tau apa itu ambigram, dan… Gila, keren banget. *brb nyoba*

  2. Kirain tulisan arab aja yang bisa disebut kaligrafi, tenyata ada yang lain.
    btw, welcomeback bro.😎

  3. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

  4. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

  5. weh, keren, ane ampe bolak balikin hape, emang unik nih

    btw ini ada yang unik juga, cantik dan imut lagi, hehe
    http://nature24.wordpress.com/2011/12/23/jkt48/

  6. Keren juga tulisannya🙂

    http://www.disave.blogspot.com

  7. Kemana aja kang….?
    Dimohon kesediaannya mampir ke http://gunawank.wordpress.com/2012/01/19/award-keduaku-award-2012-the-seven-shadow/……….
    Ada awad buat akang !
    Salam.

  8. cuma mampir aja om,capek abis jalan-jalan,oh ya moga aja agan mau bekunjung balik ke blog ane ya,ths om

  9. Mampir Bro..
    Pindah domain blog nih, biar lebih personal

    http://hadyakrisna.wordpress.com

  10. hai cold4hands..
    salam kenal,,
    kunjungannya di tunggu ya di http://degoelutfiah.wordpress.com
    bagi linknya juga ya,,🙂

  11. wah keren bangetttt seni kaligrafinya . Jadi pengen belajar juga nih gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: